Gorontalo

Digelar Selama Tiga Hari, O2SN Tingkat Kota Gorontalo Lombakan Enam Cabor

Gong O2SN atau Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tingkat Kota Gorontalo tahun 2024, sudah di tabuh. Berbagai persiapan dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Gorontalo pun sudah masuk tahap akhir, dalam rangka melahirkan siswa berprestasi di bidang olahraga.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Gorontalo, Lukman Kasim mengungkapkan, O2SN tingkat Kota Gorontalo akan mulai digelar pada Sabtu (8/6/2024).

Pembukaannya, ucap Lukman, akan dilaksanakan di Lapangan Taruna Remaja yang akan dirangkaikan dengan launching penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2024, serta penggalangan aksi anti narkoba di lingkungan sekolah dan kalangan pelajar Kota Gorontalo.

“Kegiatannya tidak hanya melibatkan lembaga pendidikan se Kota Gorontalo saja. Akan tetapi, turut menghadirkan unsur pejabat Pemerintah Kota Gorontalo dan Forkopimda Kota Gorontalo, yang pada pembukaan nanti akan menandatangani pakta integritas dengan kami,” kata Lukman.

“Kegiatan O2SN ini kami laksanakan setahun sekali, dan sudah menjadi agenda tahunan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Gorontalo,” tambah Lukman ketika diwawancarai Jumat (7/6/2024).

Di wawancarai terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dikbud Kota Gorontalo, Yulianti Biamenga menambahkan, pembukaan 02SN yang bakal menghadirkan sebanyak 1.500 siswa ini, melombakan sejumlah cabang olahraga. Yaitu, renang, badminton, karate, pencak silat, senam dan atletik.

“Untuk pelaksanaannya, akan berlangsung selama tiga hari,” beber Yulianti Biamenga.

Menurut Yulianti, kegiatan O2SN menjadi ajang seleksi pencarian atlet atau siswa berprestasi, untuk mewakili Kota Gorontalo pada ajang O2SN di tingkat Provinsi Gorontalo dan Nasional.

“O2SN ini juga menjadi ajang pencarian atlet terbaik untuk mewakili Kota Gorontalo ke tingkat Provinsi Gorontalo, dan tingkat nasional pada ajang yang sama. Dan beberapa waktu lalu, kami menggelar gala siswa bidang olahraga sepak bola dimana SMP Negeri 6 Kota Gorontalo berhadapan dengan SMP Negeri 5 Kota Gorontalo, sebagai wujud keseriusan Dikbud Kota Gorontalo dalam meningkatkan dunia olahraga di kalangan pelajar,” pungkasnya.

Back to top button