Gorontalo

Erman Monoarfa Minta ASN Agar Faham Tentang Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Melalui kegiatan pengembangan kompetensi yang dilakukan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Gorontalo, baik melalui jalur klasikal dan non klasikal harus memperhatikan Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

Erman Monoarfa selaku Kabid Sertifikasi Kompetensi dan Pengelolaan Kelembagaan BPSDM provinsi Gorontalo meminta kepada seluruh ASN agar faham tentang Pancasila sebagai dasar negara, falsafah bangsa, dan pandangan hidup bangsa yang memiliki peran sangat penting dalam memperkokoh dan memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

” Nilai-nilai luhur Pancasila senantiasa diaktualisasikan dalam kehidupan kita bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Upaya untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila melalui Pembinaan Ideologi Pancasila, salah satunya dengan penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila (Diklat PIP) bagi aparatur negara, anggota organisasi kemasyarakatan, anggota partai politik, dan komponen masyarakat lainnya” kata Erman. Selasa (7/5/2024).

Tugas mulia itu, kata Erman menjadi tanggung jawab bersama seluruh komponen bangsa. Melalui gotong royong secara nasional, BPIP mengajak seluruh lembaga diklat di Lembaga Negara, Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah untuk bergotong-royong mensukseskan penyelenggaraan Diklat PIP.

Program Akreditasi Penyelenggara Diklat PIP ini, merupakan upaya strategis untuk memberikan kewenangan penyelenggaraan Diklat PIP kepada lembaga Diklat di lembaga negara, Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah. Melalui akreditasi tersebut penyelenggaraan Diklat PIP dapat berjalan lebih sistematis, terstruktur, dan masif secara nasional.

Menurutnya, salah satu tahapan Akreditasi Penyelenggara Diklat PIP adalah penilaian tim asesor melalui metode penilaian dokumen dan penilaian lapangan yang dilakukan melalui kegiatan visitasi seperti yang dilaksanakan pada hari ini.

” Yang lebih penting yakni kegiatan visitasi ini menjadi kesempatan untuk bersilaturahmi dan menjalin komunikasi serta membangun jaringan untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila secara bergotong-royong.”tutupnya

Back to top button