Arena

Liga 1 Implementasi VAR Secara Penuh di Musim 2024/25


PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengumumkan rencana penggunaan Video Assistant Referee (VAR) secara menyeluruh dalam semua pertandingan Liga 1 musim 2024/25. 

Setelah sukses diimplementasikan pada babak Championship Series Liga 1 2023/24, VAR kini siap menjadi bagian integral dari liga untuk mendukung kemajuan sepak bola Indonesia.

Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra, menyatakan bahwa pengalaman positif dari penggunaan VAR dalam delapan pertandingan di babak Championship Series telah menjadi motivasi kuat untuk mengimplementasikannya secara penuh. 

“Penggunaan VAR telah menjadi titik awal dan momen bersejarah dalam sejarah sepak bola Indonesia,” kata Asep.

Biaya investasi untuk penerapan VAR tidaklah kecil, dengan total dana hampir Rp 100 miliar telah dikeluarkan oleh PT LIB. “Angka tersebut memang tidak kecil, tetapi ini merupakan investasi penting untuk membawa sepak bola Indonesia ke kancah internasional dengan teknologi terkini,” tambahnya.

Selain investasi finansial, aspek Sumber Daya Manusia (SDM) dan edukasi terkait VAR juga menjadi fokus PT LIB. Program pelatihan wasit dan pembangunan infrastruktur pendukung VAR merupakan bagian dari persiapan yang dilakukan. PT LIB juga telah mendapatkan persetujuan resmi dari FIFA untuk penggunaan teknologi ini.

Asep juga menyebut bahwa penggunaan VAR dalam pertandingan Timnas di Piala Asia U-23 di Qatar telah membantu meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang teknologi ini. “Kami optimis bahwa penerapan VAR secara penuh akan meningkatkan kualitas peradilan dalam pertandingan dan memastikan keadilan yang lebih baik,” ujar Asep.

Dengan penerapan VAR, Liga 1 Indonesia berharap untuk tidak hanya meningkatkan standar kompetisi tetapi juga menempatkan liga di antara liga-liga terbaik di Asia yang sudah menggunakan teknologi serupa.

Back to top button