Gorontalo

Marten: Buku KFR Bisa jadi Pedoman Pengendalian Inflasi

Pengendalian inflasi di Kota Gorontalo tidak hanya menjadi tanggungjawab Pemerintah Kota Gorontalo semata. Akan tetapi membutuhkan peran aktif seluruh unsur termasuk masyarakat, agar angka inflasi di daerah bisa terkendali.

Tidak terkecuali peran lembaga vertikal seperti Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Gorontalo.

Ya, lembaga satu ini sangat potensial untuk mengendalikan inflasi dalam hal memperkuat fungsi stabilisasi. Yang terbaru, peran DPJb juga diwujudkan dalam bentuk penerbitan sebuah kajian fiskal regional (KFR).

Buku tersebut telah didistribusikan kepada seluruh pemerintah daerah. Di Kota Gorontalo, buku KFR diterima langsung oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, Selasa (2/4/2024).

Menurut Marten Taha, buku KFR bisa dijadikan sebagai rujukan dalam pengendalian inflasi.

“Saya pun berterima kasih, diberikan buku KFR atau Kajian Fiskal Regional yang diserahkan langsung oleh Kakanwil DPJb Provinsi Gorontalo, yang tentunya buku ini bisa dijadikan pedoman untuk mengendalikan inflasi kedepan,” ujar Wali Kota.

Ia menjelaskan, buku KFR bisa dijadikan rujukan pengendalian inflasi, karena didalamnya menjelaskan tentang sasaran pembangunan dan tantangan daerah, keselarasan RPJMN dengan RPJMD dan lain-lain.

“Bahkan dalam buku ini, menyajikan hasil analisis ekonomi secara regional baik itu indikator makro ekonomi, indikator kesejahteraan, serta hasil analisis fiskal regional atas pelaksanaan APBN di Gorontalo, mulai dari pendapatan, belanja, transfer ke daerah, surplus, pengelolaan BLU, manajemen investasi dan isu strategis pelaksanaan APBN di daerah,” terang Wali Kota.

Kemudian yang tidak kalah penting lagi kata Wali Kota Gorontalo, tentang pengembangan ekonomi daerah juga analisis tematik seperti sinergi pusat dan daerah dalam rangka pengurangan pengangguran dan peningkatan produktivitas tenaga kerja, yang turut dituliskan dalam buku Kajian Fiskal Regional ini.

Baca Juga:  Wali Kota Serahkan Ranperda RPJPD ke DPRD

“Artinya, melalui buku Kajian Fiskal Regional karya Kanwil BPJb Provinsi Gorontalo ini, kita sudah bisa mengukur dan melakukan langkah-langkah serta upaya penekanan inflasi di daerah,” tuturna.

“Apalagi buku ini bisa didapatkan dengan muda melalui link https://s.id/KFRGorontalo. Sehingga, bukan hanya pemerintah saja yang dapat mengakses dan mengetahui perkembangan ekonomi di daerah, tetapi seluruh masyarakat di Gorontalo,” pungkas Marten.

Back to top button