GorontaloInersia

Marten Taha Jalin Kerjasama Bidang Pendidikan di Universitas Bina Taruna

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha menjalin kerjasama pendidikan dengan perguruan tinggi swasta Universitas Bina Taruna Gorontalo (Unbita) disela Kuliah Umum Fakultas Ilmu Administrasi dan Ilmu Sosial (FAIS).

Kuliah Umum yang digelar bersamaan dengan agenda Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 dengan topik Peran Pemerintah Dalam Transformasi Keilmuan Di Era Civil Society 5.0. Senin (11/9/2023).

Dalam pemaparannya, Marten membahas soal sejarah transformasi dari zaman ke zaman mulai dari revolusi Industri 1.0 di Britania Raya sampai pada era Industri 5.0 di Jepang.

“Kesiapan mahasiswa dalam menghadapi Revolusi Industri 5.0 merupakan tantangan baru bagi manusia” ujar Marten kepada maba Unbita.

“Dimana beberapa bidang ilmu dapat digantikan dengan adanya kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI)” sambungnya.

Usai memberikan materi, Marten Taha menandatangani nota kesepakatan antara pemda Kota Gorontalo dengan Unbita Gorontalo sebagai komitmennya terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Kota Gorontalo.

“Kerjasama dilaksanakan untuk memberikan kontribusi bagi kedua pihak yaitu Pemerintah Kota Gorontalo dan Universitas Bina Taruna Gorontalo” kata Marten.

Ia mencontohkan, bidang penelitian ada hal-hal yang perlu dilakukan penelitian melalui Badan Penelitian dan Perencanaan Daerah.

“Kita bisa bekerja sama memakai tenaga-tenaga yang ada di Unbita” tegasnya.

Ia bahkan mengungkapkan, pemda kota juga bisa bekerja sama dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa Unbita ataupun terkait dengan lokasi pelaksanaan program pengabdian masyarakat oleh di kota Gorontalo.

“Jadi kerjasama itu dibangun atas kepentingan masing-masing, sehingga kontribusi dari Universitas kepada pemkot maupun sebaliknya dibutuhkan oleh kedua belah pihak bisa terpenuhi” ungkapnya.

“Dan itu kami sudah melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi lain baik itu negeri maupun swasta. Sepanjang itu perguruan tinggi ada di kota Gorontalo, kami selalu melakukan kerjasama” imbuhnya.

Back to top button