Arena

Peluang Maarten Paes Main Lawan Irak, STY: Masih 50-50


Pelatih Timnas Shin Tae-yong menjawab kemungkinan tampilnya Maarten Paes saat Indonesia berhadapan dengan Irak di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (6/6/2024) mendatang.

Meski sudah mengantongi paspor WNI, Paes belum bisa dipastikan tampil untuk membela Indonesia.”Memang saat ini 50-50 saya tidak bisa menjawab kepastiannya seperti apa,” kata dia di Lapangan B, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2024).

Kiper berpostur 191cm belum sepenuhnya mendapat lampu hijau dari FIFA untuk membela Timnas Indonesia. Sebab, PSSI masih perlu menyelesaikan masalah administrasi Paes ke Badan Arbitrasi Olahraga (CAS).

Itu karena, pemain yang kini memperkuat FC Dallas di MLS itu sempat membela Timnas Belanda U-21 pada ajang Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021. Namun saat itu usia Paes sudah memasuki 22 tahun.

Merujuk pada aturan FIFA, pesepak bola bisa berganti dan bermain untuk Timnas lainnya bila masih berusia di bawah 21 tahun pada saat terakhir bermain baik itu tim junior ataupun senior di pertandingan resmi.

Kasus Maarten Paes pun kini sudah dibawa PSSI ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Shin Tae-yong pun meminta doa dari masyarakat agar proses adminsitrasi Maarten Paes cepat rampung, sehingga yang bersangkutan bisa membela Garuda.

“Jadi saya mohon doanya dari fans sepak bola Indonesia agar dia bisa bermain kali ini,” kata Shin.

Tim Merah Putih akan kembali tampil di babak penyisihan Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua.

Dengan menyisakan dua laga yakni lawan Irak (6/6/2024) dan versus Filipina lima hari setelahnya, Timnas Indonesia hanya membutuhkan tiga poin lagi untuk bisa lolos ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, serta otomatis lolos Piala Asia 2027.

Baca Juga:  Lawan Mengaku Pusing, Gregoria Lolos ke Perempat Final Thailand Open 2024

Sebab saat ini Indonesia menduduki peringkat dua kedua dengan koleksi 7 poin. Sementara Irak berada di puncak klasemen dengan 12 poin, Vietnam posisi tiga nilai 3 dan Filipina juru kunci nilai 1.

Sebagai persiapan dua laga penutup putaran kedua, Indonesia akan menjajal kekuatan negara Afrika, Tanzania yang merupakan negara peringkat 119 pada ranking FIFA per 4 April lalu.

Laga melawan Tanzania dimainkan di Stadion Madya GBK, Jakarta, pada Minggu (2/6) pukul 16.00 WIB.

Back to top button