Gorontalo

Pemda Bone Bolango Sambut Penjagub Rudy Dengan Adat Mopotilolo

Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango menyambut Penjabat Gubernur Gorontalo Mohammad Rudy Salahuddin dengan upacara Adat Mopotilolo, Senin (20/05/2024) di Rumah Jabatan Bupati Bone Bolango. Prosesi adat tersebut dilakukan untuk menyambut pejabat tinggi yang baru pertama kali datang di daerah tersebut.

Mengenakan takowa dan galenggo krem, Rudy bersama istri Djoewiati Kentjana Soebroto disambut Bupati Bone Bolango Merlan Uloli dan pimpinan OPD setempat. Penyambutan diiringi tarian adat Longgo atau tarian perang saat memasuki halaman Rudis Bupati.

Selanjutnya, upacara adat dilanjutkan dengan penyerahan persembahan adat, diikuti dengan pemberian suguhan minuman dan makanan tradisional. Kemudian diakhiri dengan pembacaan doa oleh seorang tokoh agama.

“Alhamdulillah pak Gubernur didampingi ibu, pak sekda dan pimpinan OPD dapat menginjakkan kakinya di bumi Bone Bolango dan tadi saya bangga sekali pak gubernur mengatakan indah sekali rumah dinas Bone Bolango ini,” ujar Merlan.

Bupati perempuan pertama di Gorontalo ini berharap penyambutan adat menjadi awal yang baik kerja sama pemerintah provinsi dengan Kabupaten Bone Bolango.

“Selamat bekerja Bapak Gubernur dan Ibu Ketua TP-PKK, kami siap bekerja sama untuk memajukan Gorontalo,” tutup Merlan.

Bone Bolango menjadi daerah kedua yang di kunjungi Rudy bersama istri usai dilantik, setelah sebelumnya Kota Gorontalo dengan adat yang sama Mopotilolo.

Back to top button