Gorontalo

Pemprov Gorontalo Gelar Upacara Peringatan Harkitnas ke-116

Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 di halaman rumah jabatan gubernur, Selasa (21/5/2024). Bertindak sebagai inspektur upacara Penjabat Gubernur Gorontalo, Mohammad Rudy Salahuddin.

“Lebih dari seabad lalu, tepatnya 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo yang di masa itu telah menumbuhkan cita-cita untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Berdirinya Boedi Oetomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini,” ucap Penjagub Rudy saat membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika.

Rudy mengatakan, peringatan Harkitnas tahun ini merupakan fase kedua untuk melanjutkan semangat Kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Fase Kebangkitan kedua ditandai dengan kemajuan teknologi yang menjadi peradaban dalam kehidupan sehari-hari.

Penjagub Gorontalo menambahkan, inovasi teknologi digital bertumbuh setiap hari yang kecepatannya bak lompatan kuantum. Inovasi tersebut telah mendorong pertumbuhan ekonomi dan berpeluang menjadikan Indonesia sebagai negara maju pada 10 hingga 15 tahun ke depan.

“Pada fase Kebangkitan kedua ini tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban. Seluruh potensi sumber daya alam, bonus demografi, serta transformasi digital, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045,” tutur Rudy.

Upacara Harkitnas ke-116 diikuti oleh pimpinan dan Aparatur Sipil Negara lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo. Peringatan Harkitnas ke-116 mengangkat tema “Bangkit Untuk Indonesia Emas”.

Back to top button