News

Sampaikan Belasungkawa, Xi Jinping Sebut Raisi Teman Baik China


Presiden China Xi Jinping menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah Iran usai Presiden Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat.

Dalam rilis resmi, Xi menggambarkan Raisi sebagai teman baik.

“Kematian tragis Raisi merupakan kehilangan besar bagi rakyat Iran, dan rakyat China juga kehilangan seorang teman baik,” kata Xi dalam laporan Xinhua, Senin (20/5/2024).

Xi juga mengapresiasi peran Raisi selama menjadi pemimpin. Menurut dia, presiden Iran ini berkontribusi penting dalam menjaga keamanan dan stabilitas negara.

Lebih lanjut, Xi menerangkan bahwa Raisi melakukan upaya positif untuk mengkonsolidasikan dan memperdalam kemitraan strategis komprehensif China-Iran.

Pemerintah dan warga China, kata dia, menghargai persahabatan tradisional antara kedua negara yang selama ini terjalin.

“Dengan upaya bersama kedua belah pihak, kemitraan strategis komprehensif China-Iran akan terus berkonsolidasi dan berkembang,” imbuh Xi.

Tak hanya Xi, ucapan belasungkawa juga mengalir dari berbagai pemimpin dunia seperti Perdana Menteri India, pemerintah Qatar, Uni Emirat Arab, Venezuela, Indonesia, hingga Presiden Rusia Vladimir Putin.

 

Back to top button