News

Sikapi Situasi Politik Terkini, Rektor UKI Sampaikan Empat Tuntutan


Petisi yang mengkritisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus bergulir. Kini giliran Universitas Kristen Indonesia (UKI) yang menyatakan sikap. Dipimpin sang Rektor, Dhaniswara K Harjono, sivitas akademika UKI meminta aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri untuk bersikap netral selama pelaksanaan Pemilu 2024.

Mungkin anda suka

Dhaniswara mengatakan posisi UKI independen dalam menghadapi pemilu, sehingga tidak ada tekanan atau dorongan dari siapapun dalam mengeluarkan pernyataan sikap tersebut. Dalam kesempatan itu, ia memaparkan empat permintaan untuk menyikapi kondisi pelaksanaan pemilu terkini.

“Pertama menyerukan kepada seluruh komponen bangsa untuk ikut menciptakan suasana kondusif dalam pemilu,” ucapnya dalam keterangan di terima di Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Kemudian, lanjut dia, poin kedua adalah meminta ASN, TNI, dan Polri untuk selalu menjunjung tinggi sumpah jabatan, etika, moral, serta mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi atau kelompok/golongan, maupun partai politik tertentu.

Dhaniswara menambahkan, poin ketiga yaitu mendesak dihentikannya segala bentuk tindakan intervensi yang mengekang dan menindas kebebasan berekspresi.

Poin terakhir, ungkap dia, yaitu mengajak masyarakat dan sivitas akademika untuk mendukung pelaksanaan pemilu yang Langsung Umum Bebas dan Rahasia (Luber), serta Jujur dan Adil (Jurdil), demi tegaknya demokrasi dan hukum yang berkeadilan sosial berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Menurut Dhaniswara, UKI memandang perlu menyatakan sikap karena melihat situasi politik di tanah air, khususnya yang berpotensi mencederai prinsip-prinsip moral, etika, demokrasi, kemanusiaan dan keadilan sosial, terutama yang mengancam perpecahan bangsa. “Hukum adalah panglima tertinggi di Indonesia, sehingga harus dijalankan dan menjadi pedoman,” tutur dia.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button