Gorontalo

45 PPK Resmi Dilantik, Wali Kota: Tunaikan Tugas Sebagaimana Mestinya

Sebanyak 45 panitia pemilihan kecamatan (PPK) resmi dilantik, Kamis (16/5/2024). Pelantikan dilangsungkan di Hotel Grand Q dan dihadiri oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.

Dalam arahannya, Marten menyampaikan pesan penting kepada para PPK. Dia meminta agar PPK yang telah dilantik dapat menjalankan tugas sebagaimana yang tertuang dalam aturan perundang-undangan.

Untuk itu, Marten menegaskan agar PPK yang telah diambil sumpah dan akan menjalankan tugasnya melaksanakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah, baik itu Pilwako maupun Pilgub, dapat memahami aturan yang berlaku, agar tugas yang diemban dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“Saudara-saudara sebagai penyelenggara pemilu di tiap kecamatan, harus paham dan mengerti tugas yang akan dilaksanakan,” ungkap Marten.

Pada kegiatan itu, Marten juga menegaskan, pihaknya berkomitmen kuat untuk menyukseskan Pilkada. Komitmen itu dibuktikan dengan alokasi anggaran hibah yang mulai disalurkan sejak tahun 2023 kemarin.

“Kami diwajibkan menyediakan anggaran untuk pemilihan dan alhamdulillah di tahun 2023 itu, 40 persen sudah kami salurkan. Hal ini sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah,” ucap Marten

Tak sampai disitu, lanjut Marten, pihaknya juga telah menyediakan sarana dan prasarana bagi PPK. Bahkan, kata dia, dirinya telah menginstruksikan seluruh pemerintah kecamatan untuk berkolaborasi dengan PPK dalam penyelenggaraan Pilkada tahun 2024.

“Saya hadirkan tiap camat untuk siap berkolaborasi dengan PPK sebagai bentuk tanggungjawab pemerintah daerah untuk menyediakan sarana dan prasarana bagi PPK,” tambah Marten.

Senada dengan Marten, Ketua KPU Kota Gorontalo, Muhamamd Fadly Thaib menegaskan, para PPK yang dilantik harus bisa melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab.

“Ini bukan persoalan remeh, teman-teman PPK harus dengan penuh tanggungjawab dalam melaksanakan tugas,” ucap Fadly.

Fadly juga dalam sambutannya berterima kasih kepada Pemerintah Kota Gorontalo karena telah memfasilitasi KPU Kota Gorontalo dan selalu mendukung kegiatan KPU Kota Gorontalo.

Back to top button