Market

Eks Wakil Bendahara TKN Prabowo-Gibran Didapuk Jadi Komut Pertamina Gantikan Ahok


Kementerian BUMN menetapkan Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama (Komut) Pertamina. Penetapan ini dilakukan saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 PT Pertamina (Persero) yang dilaksanakan pada Senin (10/6/2024).

Simon mengisi kekosongan jabatan yang sebelumnya ditinggalkam oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Seperti diketahui, Ahok mundur dari Komisaris Utama Pertamina pada Jumat, 2 Februari 2024 lalu, karena mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Pilpres 2024.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, pemegang saham telah menunjuk Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama Pertamina, serta menugaskan Condro Kirono sebagai Komisaris Independen Pertamina. “Pemegang saham telah menunjuk Bapak Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama Pertamina,” ujar Fadjar di Jakarta, dikutip Selasa (11/6/2024).

Simon Aloysius Mantiri yang kini diangkat sebagai Komut Pertamina merupakan seorang politikus dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Ia merupakan anggota Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra.

Selain itu, pria kelahiran Desa Kamasi, Tomohon, Sulawesi Utara ini juga punya peran dalam kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

Ia merupakan wakil bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Simon juga mengampanyekan sejumlah program Prabowo-Gibran di tanah kelahirannya, Sulawesi Utara.

Berikut susunan Dewan Komisaris Pertamina sesuai hasil RUPS:

1. Komisaris Utama & Independen: Simon Aloysius Mantiri
2. Komisaris Independen : Condro Kirono
3. Komisaris : Heru Pambudi
4. Komisaris : Letjen TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono,S.H., M.H., M.Tr. (Han)
5. Komisaris Independen : Alexander Lay
6. Komisaris Independen : Ahmad Fikri Assegaf
7. Komisaris Independen : Iggi H. Achsien.
 

Back to top button