Arena

Piala Dunia U-17 Spanyol Vs Jepang: Matador Seruduk Samurai Biru 2-1

Timnas Spanyol U-17 melaju ke perempat final Piala Dunia U-17 setelah menaklukkan Jepang U-17 2-1 di Stadion Manahan, Solo, Senin (20/11/2023).

Kedua tim sempat bermain imbang 1-1 pada babak pertama setelah gol Quim Junyent (8′) disamakan oleh Gaku Nawata (40′) lima menit jelang berakhirnya babak pertama. Setelahnya, gol Marc Guiu (73′) pada babak kedua membawa La Rojita melenggang mengunci satu tiket delapan besar.

Tak terkalahkan selama babak penyisihan grup di Grup B, Spanyol tampil superior sejak peluit tanda pertandingan dimulai berbunyi. Alhasil, melalui Quim Junyent, Spanyol unggul cepat pada menit ke-8 setelah tendangan kaki kanan kerasnya gagal dibendung kiper Jepang, Goto. Pasukan Jose Lana unggul 1-0.

Pada menit ke-24, Spanyol hampir menggandakan keunggulan. Namun, Lopez Gomez gagal menyontek bola dengan baik di depan gawang Jepang setelah mendapat umpan dari Fort.

Lima menit jelang berakhirnya babak pertama, justru Jepang yang mampu mencetak gol untuk menyamakan kedudukan. Sato mengawali gol Samurai Biru setelah berhasil merebut bola dari Munoz Navas sebelum kemudian mengirim bola ke tengah untuk diselesaikan oleh Gaku Nawata pada menit ke-40. Skor berubah menjadi 1-1 dan mengakhiri 45 menit pertama.

Memasuki babak kedua, Spanyol mengambil inisiatif menyerang. Hasilnya, mereka mendapatkan peluang-peluang berbahaya seperti dua sontekan Paulo Iago yang dihalau Goto pada menit ke-64 dan yang membentur mistar gawang pada menit ke-70.

Gol yang dicari Spanyol akhirnya berbuah pada menit ke-73. Junyet yang menjadi aktor gol pertama kali ini menunjukkan kelasnya dengan memberi umpan terobosan ciamik dari sisi tengah.

Bola yang dikirim Junyet lalu menemui Guiu yang berdiri bebas di antara dua bek Jepang dan bintang muda Barcelona itu tak kesulitan menaklukkan Goto di bawah mistar gawang.

Baca Juga:  Tim Densus Grebek Rumah Kontrakan Pedagang Bubur di Cikampek

Skor 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan dan membawa Spanyol ke perempat final. Sementara kekalahan ini membuat Jepang gagal mengulangi capaian yang sama pada edisi 1993 dan 2011 ketika mereka mencapai capaian terbaik yaitu babak 8 besar.

Spanyol akan memainkan laga perempat final pada Jumat (24/11) mendatang menghadapi pemenang laga antara Jerman melawan Amerika Serikat yang baru bermain besok Selasa (21/11) pukul 15.30 WIB di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Back to top button